CARA BERHENTI MEROKOK

CARA BERHENTI MEROKOK ( KISAH NYATA )


Alhamdulillah ketemu lagi dengan pembaca sekalian. Kali ini saya ingin menceritakan sebuah kisah nyata tentan "cara berhenti merokok", bagaimana seorang ayah ( bapak mertuaku sendiri ) berhasil menghentikan kebiasaan merokoknya. Aku tak tau apa ini suatu kebetulan saja atau suatu cara menghentikan kebiasaan merokok yang bisa ditiru. ceritanya begini ( maaf ini bersumber dari cerita istriku yang kuceritakan kembali dengan versiku sendiri, tanpa merubah inti cerita ) :





Sejak muda, bapak mertaku sudah terkenal nakal, maunya menang sendiri dan egois. Diantara saudara-saudaranya bapak mertuaku paling disegani ( atau tepatnya ditakuti, he..he.. ), sehingga apa yang jadi kemauannya harus dituruti. Maaf bukan maksudku menjelek-jelekkan bapak mertua, tapi, ini ada hubungannya dengan ceritaku selanjutnya. Setelah berkeluarga, ternyata sifat ini tidak hilang, bahkan juga diterapkan di keluarganya, terhadap istri dan anak-anaknya. Namun belakangan aku baru tahu kalau ternyata dibalik sifatnya yang keras itu, bapak mertuaku juga punya gengsi yang tinggi. Pantang dipermalukan di depan orang lain atau di tempat umum. Baik sengaja maupun tidak.

Bapak mertuaku sudah mulai merokok sejak usia muda yaitu sebelum menikah. Setelah menikahpun ternyata kebiasaan merokok itu tak pernah berhenti. Malah semakin menjadi-jadi. Apalagi kalau sedang ada acara di rumah, ada hajatan di rumah tetangga, atau saat ngobrol di warung di sela-sela kesibukan beliau sehari-hari.

Kejadian yang menjadi momen bersejarah ini, maaf bagi aku, berhenti merokok itu adalah kejadian yang monumental... karena sangat sulit sekali dilakukan, meski dengan niat yang bulat dan usaha yang keras sekalipun. Selamat buat saudara saudara yang sudah berhasil menghentikan kebiasaan merokok. adalah  terjadi ketika adik iparku berumur 4 tahun / usia anak TK, dengan cara bicaranya yang ceplas ceplos Di suatu acara hajatan di rumah, setelah hidangan makanan diedarkan, biasanya tamu-tamu mulai merokok. Tak ketinggalan juga bapak mertuaku, ikut merokok dengan nikmatnya. Lha saat semua sedang menikmati "enaknya" merokok, adik iparku yang sedang duduk di samping bapak mertua, tiba-tiba bicara : "wah, mulut bapak baunya seperti asbak rokok". Bagi tamu-tamu yang lain celutukan adik iparku itu mungkin hanya dianggap sebagai gurauan semata. Tapi bagi bapak mertuaku, ternyata bukan masalah kecil. Celutukan adik iparku itu seolah menjatuhkan gengsinya di depan tamu tamu undangan hajatan. Maka Sejak saat itu, beliau berhenti menghisap rokok. Dan beliau tak pernah lagi merokok hingga akhir hayatnya, sekitar 40 tahun kemudian.

Nah, bagaimana pembaca ?

Aku sarankan sekali-kali silahkan tiupkan nafas anda ke telapak tangan anda saat selesai merokok... lalu silahkan di cium baunya. ketika sedang berbicara dengan istri atau anak atau orang sekitar anda, silahkan dibayangkan kalau istri atau anak atau orang-orang sekitar anda sedang berbicara dengan asbak rokok yang bisa bicara, he..he.. maaf. Ini kenyataan.

NB. Buat teman teman yang mempunyai cerita masalah bagaimana menghentikan kebiasaan merokok yang merugikan ini, silahkan berkomentar di blog ini. Itung-itung berbagi pengalaman dengan teman-teman yang lain..Kalau mau baca tulisanku  yang lain silahkan kunjungi blog ini ---> cara mencari uang lewat internet
Atau yang ini --->  Kisah Hikmah                                                                                       


AGUS PRIHANDONO
( CARA BERHENTI MEROKOK )






Komentar

  1. Salah satu tips nya adalah konsumsi bawang putih krn mmbrikan efek pahit ketika akan menghisap rokok, link tips stop merokok dan tips lainnya :

    http://oursecrettips.wordpress.com/2014/11/20/how-to-quit-smoking/

    Terimakasih semoga membantu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEROKOK MEMBUNUHMU

STRES DAN KEBIASAAN MEROKOK

CARA BERHENTI MEROKOK